Study Banding

Tanggal 7 Januari 2009 SMPN 3 Wonogiri mengadakan study banding ke Magelang. Sekolah yang menjadi tujuan adalah SMPN 2 Magelang. Study banding ini diadakan dalam rangka meningkatkan kinerja seluruh jajaran pegawai SMPN 3 Wonogiri berkaitan dengan telah meningkatnya status sekolah menjadi SSN ( Sekolah Standar Nasional). Bapak Drs. H. Sugiyono, kepala sekolah SMPN 3 Wonogiri, berharap agar peningkatan status ini dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan terhadap anak didik.


Sekitar pukul 06.00 WIB, satu persatu peserta study banding mulai berdatangan di sekolah. O ya, study banding ini dilaksanakan bersama dengan SMPN 1 Batuwarno dan SMPN 2 Baturetno. Jadi, setelah semua peserta berkumpul, kami masih harus menunggu kedatangan rombongan kedua SMP tersebut untuk selanjutnya berangkat bersama menuju Magelang. Akhirnya rombongan berangkat pada sekitar pukul 07.00. Saya sendiri bersama Pak Karjan, Pak Dian, Mbak Atik dan Mbak Lantin tidak ikut berkumpul di sekolah. Kami memilih menunggu bus di depan Toko Meubel Ismoyo Giriwono. Beberapa kali bus harus berhenti di beberapa titik untuk menaikkan peserta yang menunggu di sana. Titik perhentian terakhir untuk menaikkan peserta adalah di Solo Baru, di mana Ibu Kristina dengan setia menunggu kedatangan bus rombongan.

Bus merayap pelan sekali. Saya sendiri kurang tahu mengapa pak sopir mengemudikan bus dengan pelan sekali. Padahal kondisi jalan tidak terlalu padat. Beberapa peserta terlihat tidak sabar dengan situasi ini. Apalagi perjalanan masih harus terinterupsi beberapa kali karena desakan biologis beberapa peserta untuk ‘mengintip toilet’. Dua orang polisi di jalan Yogya-Magelang pun turut ‘meramaikan situasi’ ketika mereka menghentikan bus untuk memeriksa surat jalan bus.

Akhirnya kami pun tiba di tempat tujuan dengan selamat dan sedikit terlambat pukul sebelas lebih tiga puluh. Segera saja kami masuk aula untuk memulai acara. Acara dibuka dengan doa bersama. Setelah itu Kepala Sekolah SMPN 2 Magelang memberikan sambutan sekaligus ucapan selamat datang kepada kami semua. Ternyata banyak sekali SMP-SMP selain romongan kami yang telah melakukan study banding ke sekolah ini. Rombongan kami yang diwakili oleh Bapak Kepala Sekolah SMPN 2 Baturetno berkesempatan pula menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan yang ramah sekaligus memberikan kenang-kenangan berupa wayang Anoman dan Kresna. Acara selanjutnya adalah pemaparan profil SMPN 2 Magelang dilanjutkan dengan melihat kegiatan yang sedang berlangsung pada hari itu.

Karena saya guru Bahasa Inggris, maka saya pun langsung mencari kelas yang sedang melakukan KMB Bahasa Inggris. Kelas RSBI yang sedang melakukan KBM Bahasa Inggris menjadi tempat ‘jujugan’ saya. Bersama Bu Etis, saya berusaha menyelami atmosfer yang tercipta di kelas ini ketika KBM sedang berlangsung. Memang, situasi KBM yang berlangsung sangat bagus. Dengan jumlah peserta didik yang relatif sedikit, guru yang terampil dan peserta didik yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, KBM yang dilakukan dengan pengantar Bahasa Inggris pun berjalan dengan lancar. Dalam hati saya bertanya, “Bisa nggak ya KBM seperti ini saya laksanakan di SMPN 3 Wonogiri?”. Dengan jumlah peserta didik yang banyak (40), peserta didik yang kurang memiliki motivasi untuk menguasai Bahasa Inggris, rasa-rasanya saya tidak berani berandai-andai untuk segera melakukan KBM seperti itu.

Setelah jam KBM selesai, kami kembali ke aula untuk mengadakan tanya jawab seputar hal-hal yang belum sempat kami temui di lapangan dan kami rasa perlu untuk ditanyakan. Dan akhirnya seluruh rangkaian acara pun selesai pada sekitar pukul 14.30. Kami pun pulang dengan senang setelah memperoleh berbagai informasi baru yang bermanfaat bagi kami.

Perjalanan pulang berlangsung dengan lancar. Di Muntilan kami sempat mampir di sebuah pusat oleh-oleh khas Magelang dan penjual salak. Di Yogya kami masih sempat pula mampir di Kenari, pusat oleh-oleh khas Yogya. Sesudahnya, kami makan malam di Rumah Makan Bu Mayar Klaten. Dan akhirnya kami pun sampai di Wonogiri kembali sekitar pukul 20.30.

Tiba di lokasi

Gedung SMPN 2 Magelang

Situasi Kelas RSBI ketika KBM sedang berlangsung

Lambang SMPN 2 yang mana, ya?

Bersama pak Dian di Pusat Oleh-oleh Khas Yogya

Tinggalkan komentar

Filed under Serba-serbi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s