7 Lubang Terbesar di Dunia

1. Bingham Canyon Mine. Juga dikenal sebagai Kennecott Copper Mine, ini adalah sebuah lubang pertambangan terbuka yang menambang endapan tembaga di sebelah  baratdaya Kota Salt Lake, Utah, USA, di pegunungan Oquirrh. Itu adalah tambang terbuka yang paling dalam sedunia. Tambang ini dimiliki oleh Grup Rio Tinto, sebuah perusahaan eksplorasi dan penambangan yang berpusat di Inggris. Pada tahun 1966 tempat ini dijadikan Landmark Sejarah Nasional dengan nama Bingham Canyon Open Pit Copper Mine.

2. Mirny Diamond Mine. Terletak di Mirny, sebelah timur Siberia, Rusia, lubang ini adalah sebuah tambang terbuka. Lubang ini berkedalaman 525 meter (ke-4 di dunia) dan memiliki diameter 1.200 meter. Lubang ini menjadi yang terbesar kedua sesudah Bingham Canyon Open Pit Copper Mine. Ruang Udara di atas lubang ini terlarang bagi helikopter sesudah terjadi beberapa kecelakaan di mana beberapa helikopter tersedot oleh arus udara ke dalam lubang.

3. Diavik Diamond Mine Hole. Ini adalah sebuah tambang intan di wilayah North Slave, sebelah baratdaya Kanada, sekitar 300 km (186 mil) barat Yellowknife. Tempat ini menjadi bagian penting dari perekonomian regional dengan mempekerjakan 700 pekerja, menghasilkan penjualan 100 juta dollae Kanada dan memproduksi 8 juta karat (1600 kg) permata tiap tahun. Tambang ini dimiliki oleh sebuah perusahaan gabungan antara Harry Winston Diamond Corporation dan Diavik Diamond Mines Inc., sebuah anak perusahaan dari Rio Tinto Group. Mulai beroperasi tahun 2001, diharapkan tambang ini bisa terus berproduksi selama 16 – 22 tahun.

4. Great Blue Hole. Ini adalah lubang bawah air yang besar di pesisir pantai Belize. Tempat ini terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atoll kecil sekitar 70km (43 mil) dari pusat Kota Belize. Lubang ini terbentuk dalam empat tahap penguapan es. Sebuah analisis menunjukkan bahwa terbentuk pada 153ribu, 66ribu, 60ribu dan 15ribu tahun yang lalu. Ketika permukaan air laut naik lagi, lubang ini terisi aair laut. Great Blue Hole menjadi bagian dari Sistem Belize Barrier Reef Reserve yang lebih besar, sebuah  Situs Warisan Dunia  yang dilindungi UNESCO.

5. Guatemala Sinkhole. Lubang raksasa ini muncul begitu saja di tengah kota Guatemala City. Sebuah banguna 3 lantai lenyap ditelan lubang ini.  Lubang besar muncul ketika kota sedang dilanda badai Agatha, angin kencang, hujan deras dan angin longsor.

6. Glory Hole Monticello. Konstruksi ini merupakan dam air terbesar di dunia. Lubang besar tersebut dimaksudkan untuk menjaga kapasitas volume air sehingga air tidak berlebihan. Lubang ini dibuat 200meter dari bendungan Monticello, dengan diameter corong terbesar 72 kaki dan menyempit hingga sekitar 28 kaki. Sebuah info menyebutkan bahwa katup ini mampu mengalirkan kelebihan air hingga 362.000 galon air setiap detiknya.

 

7. Kimberley Mine. Ini adalah sebuah lubang terbuka dan tambang bawah tanah di Kimberley, Afrika Selatan. Lubang ini diklaim sebagai sebagai lubang terbesar yang digali dengan tangan. Lubang ini aslinya digali sedalam 1097 meter, sehingga menjadi lubang buatan manusia terbesar dalam sejarah. Karena cuaca, lubang ini tertutup oleh bebatuan dan hujan sehingga dalamnya hanya menjadi 215 meter, yang mana hal ini mengundang kontroversi berkaitan dengan statusnya sebagai lubang terbesar.

 

Sumber: http://www.chillout.com; www.wikipedia.com

4 Komentar

Filed under Tahukah Anda?

4 responses to “7 Lubang Terbesar di Dunia

  1. oscar17

    mungkin juga…jarang nonton TV sih mas (‘on the spot acara di TV, kan?’), kecuali acara berita dan pertandingan bola…hehe

  2. saya copas di blog saya

  3. oscar17

    boleh aja…tulis sumbernya juga donk, biar blog-ku juga ikutan tenar…😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s