Barca Terpendek, MU paling Stabil

The winning team of BarcelonaSebuah survey dilakukan terhadap 13 ribu pemain di 534 klub di 36 liga Eropa oleh sebuah lembaga bernamaProfessional Football Players Observatory (PFPO) yang berbasis di Swiss. Hasilnya, beberapa temuan menarik dari klub-klub besar Eropa menjadi telaah bagi berbagai klub besar untuk mempelajari kekuatan rival-rival mereka.

Inilah beberapa temuan itu:

1. Barcelona memiliki rata-rata tim terpendek di Eropa. Dengan rata-rata tinggi pemain 1,77 meter, klub raksasa Spanyol Barcelona memiliki tim dengan postur paling mungil di Eropa. Sebaliknya studi ini menemukan kalau tim tertinggi adalah SV Mattersburg dari Austria dan Volyn Lutsk dari Ukraine dengan 1,86 meter. Temuan ini menjadi bukti bahwa untuk menjadi tim super dengan gelimang prestasi tidaklah harus disokong pemain-pemain tinggi besar. Sebaliknya, skill dan taktiklah yang lebih berpengaruh. Setidaknya PSSI bisa mencontoh tim Barcelona dan tak perlu minder karena para pemain memiliki tubuh yang kecil.

2. Manchester United memiliki skuad paling stabil. Klub Inggris ini memiliki pemainyang rata-rata betah bertahan sampai 5,71 tahun. Hal ini bertolak belakang dengan klub Siprus Olympiakos Nicosia yang malah merekrut 95% pemain di timnya sepanjang 2010. Klub itu juga mencatatkan penampilan pemain asing dengan jumlah terbesar yakni 85%.

3. Juara Eropa 2010 Inter Milan memiliki skuad tertua. Inter Milan tercatat memiliki skuad dengan usia rata-rata paling tua yaitu 29,6 tahun. Sedangkan klub Eropa dengan tim termuda adalah Olimps Riga dari Latvia yang umur rata-rata timnya 19,02 tahun.

4. Tottenham Hotspur punya pemain internasional aktif lebih banyak dari klub lain di Eropa. Tottenham Hotspur yang bermarkas di London bisa menurunkan dua tim berisikan pemain internasional aktif –Spurs punya 23 pemain– melebihi klub Eropa lain.

5. Ajax Amsterdam menjadi tim paling produktif dalam melahirkan pemain-pemain top. Tim dari Belanda ini sudah melahirkan para pemain yang tampil di liga-liga top Eropa sebanyak 54 pemain, lebih banyak dari klub-klub lain.

6. Survey tersebut juga mencatat bahwa tim Eropa rata-rata punya 24,5 % pemain dalam skuadnya, di mana 5,2% di antaranya berusia 21 tahun atau lebih muda.  Selain itu, 8,2% klub Eropa berisikan pemain asing, di mana 1,1% di antaranya adalah pemain asal Brasil.

7. Klub-klub Inggris memiliki rata-rata jumlah skuad terbanyak, 27.4 tiap klub – di atas  Estonia (27.3) dan Russia (27.1). Klub-klub Inggris juga memainkan lebih banyak pemain dengan cap internasioanal. Sebanyak  61% pemain dengan cap Internasional bermain di Inggris.

Tinggalkan komentar

Filed under Olahraga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s