MANCHESTER UNITED

Manchester United adalah sebuah klub sepak bola profesional di Inggris yang bermarkas di Old Trafford. Saat ini bermain di Premier League, kasta teratas dalam jenjang liga di Inggris. Sebelum berubah nama menjadi Manchester United pada tahun 1902 dan pindah ke Old Trafford pada tahun 1010, club ini didirikan dengan nama Newton Heath LYR Football Club.

Pada tahun 1968, di bawah manajemen Matt Busby, Manchester United menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang memenangi Piala Eropa. Kemenangan itu diraih 10 tahun sesudah tragedi udara Munich yang merenggut nyawa 8 pemain MU. Manajer sekarang, Sir Alex Ferguson, adalah manajer paling sukses dalam sejarah klub. Di bawah kepemimpinannya, klub ini meraih 26 trofi utama sejak dia memimpin pada tahun 1986.

Memenangkan 18 gelar Liga, 4 Piala Liga dan rekor 11 Piala FA, Manchester United menjadi klub paling sukses di dalam sejarah sepak bola Inggris. Klub ini juga meraih 3 Piala Eropa dan yang paling sensasional adalah meraih Treble Winner; Premier League, FA Cup and UEFA Champions League pada musim 1998-1999.

Manchester United adalah salah satu klub terkaya dan memiliki pendukung terbesar di seluruh dunia. Diperkirakan klub ini memiliki nilai 1,19 Milyar Poundsterling, menjadikannya sebagai klub paling bernilai di dunia. Pada tahun 2005, klub dibeli oleh Malcolm Glazer seharga 800 Juta Poundsterling. Rumor klub terbelit hutang yang disebabkan oleh Glazer membuat para pendukung berang dan berusaha mengambil-alih lagi kepemilikan klub. Di stadion, mereka senantiasa menggunakan syal hijau-kuning sebagai tanda penolakan mereka terhadap Glazer.

Tinggalkan komentar

Filed under Olahraga, Serba-serbi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s